Soloraya
Jumat, 27 Agustus 2010 - 09:07 WIB

Daging gelonggongan dan ayam tiren beredar di Pasar Bunder

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sragen (Espos)–Tim gabungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen menemukan daging sapi gelonggongan dan ayam tiren dalam operasi daging di Pasar Bunder, Jumat (27/8) pagi. Sedikitnya sembilan pedagang daging sapi yang diperingatkan secara lisan dan satu pedagang daging ayam yang diperingatkan secara tertulis.

Jumlah daging gelonggongan dan daging ayam tiren tersebut diperkirakan mencapai puluhan kilogram. Tim gabungan Pemkab Sragen masih memberikan toleransi pada operasi tahap awal. Namun mereka mengancam bakal menyita daging milik pedagang pada operasi selanjutnya bila ditemukan kasus serupa.

Advertisement

Operasi daging dilakukan tim gabungan yang terdiri atas Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakan), Dinas Kesehatan (Dinkes), Dinas Perdagangan dan Perpajakan Daerah (DP2D) dan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP). Operasi berlangsung mulai pukul 05.00 WIB dengan target sejumlah pedagang daging di Pasar Bunder.

Lantaran keterbatasan alat PH-meter, tim yang dikoordinasi Disnakan itu melakukan pengetesan kadar air dan pengambilan sampel daging. Selain itu tim gabungan langsung melakukan uji laboratorium langsung di pasar dengan mengambil sampel daging ayam yang terindikasi tiren.

trh

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif