Jumat, 27 Agustus 2010 11:10 WIB News Share :

14 Jam penumpang Darma Rucita terombang-ambing

Banyuwangi–Sebuah Kapal Motor (KM) Darma Rucita kandas di Tanjung Goa, Bali. Kapal yang berlayar dari Pelabuhan Gilimanuk menuju ke Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ini membawa 138 penumpang.

Lokasi kapal kandas berjarak 2 mil dari Gilimanuk dan 6-8 mil dari Ketapang, Banyuwangi. Kapal kandas pada pukul 17.45 WIB, Kamis (26/8).

Diduga, kapal kandas karena faktor cuaca. Saat itu air surut namun arus kuat dan menyeret kapal. Kapal bersama penumpang terombang-ambing di laut selama 14 jam.

Berbagai upaya sebenarnya terus dilakukan oleh Syahbandar Pelabuhan Ketapang. Namun karena arus kuat dan banyak karang di lokasi kapal kandas menyulitkan regu penolong untuk mengevakuasi para penumpang.

Mansor dari Gapasdap (Gabungan Pengusaha Angkutan Sungai, Darat dan Penyeberangan) mengatakan kapal itu layak jalan. Dua hari sebelum kejadian kapal diperbaiki.

“kondisinya sangat layak tapi karena kondisi cuaca membuat kapal terseret arus dan kandas,” ungkapnya, Jumat (27/8).

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…