Kamis, 26 Agustus 2010 01:18 WIB Pendidikan Share :

UNS bentuk forum kemitraan

Solo (Espos)–Universitas Sebelas Maret (UNS) akan membentuk forum kemitraan untuk menjaga keamanan kampus.

Lembaga ini terdiri dari perwakilan setiap komponen kampus dan tokoh masyarakat sekitar yang akan menjalankan fungsi perpolisian masyarakat (Polmas).

Kabag Pembinaan Ketertiban dan Penyuluhan Biro Binamitra Polda Jawa Tengah, AKBP Sri Indra Sakti, menjelaskan keamanan menjadi tanggung jawab setiap komponen masyarakat, tak terkecuali lingkungan kampus.

Oleh karena itu, kepolisian mendorong terwujudnya Polmas di lingkungan perguruan tinggi.

Dua PT yang telah menerapkan konsep Polmas, katanya, yakni Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Sedangkan UNS baru memiliki rintisannya.

“Oleh karena itu Polda Jateng mendorong agar Forum Kemitraan ini segera dibentuk di UNS,” jelasnya saat ditemui Espos di sela-sela kegiatan diskusi bertema Polmas di perguruan tinggi di ruang sidang IV Rektorat UNS, Rabu (25/8).

Melalui lembaga ini, terangnya, masyarakat sebagai subjek yang aktif menjaga keamanan. Sehingga perlu ada interaksi dan komunikasi. Ketika suatu lingkungan mulai tidak aman misalnya, forum itu akan mengidentifikasi masalah dan kemudian mencari solusi terbaik.

ewt

lowongan pekerjaan
4 orang Penerjemah fasih berbahasa mandarin & 2 orang Sopir, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…