News
Kamis, 26 Agustus 2010 - 01:18 WIB

UNS bentuk forum kemitraan

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Universitas Sebelas Maret (UNS) akan membentuk forum kemitraan untuk menjaga keamanan kampus.

Lembaga ini terdiri dari perwakilan setiap komponen kampus dan tokoh masyarakat sekitar yang akan menjalankan fungsi perpolisian masyarakat (Polmas).

Advertisement

Kabag Pembinaan Ketertiban dan Penyuluhan Biro Binamitra Polda Jawa Tengah, AKBP Sri Indra Sakti, menjelaskan keamanan menjadi tanggung jawab setiap komponen masyarakat, tak terkecuali lingkungan kampus.

Oleh karena itu, kepolisian mendorong terwujudnya Polmas di lingkungan perguruan tinggi.

Dua PT yang telah menerapkan konsep Polmas, katanya, yakni Universitas Diponegoro (Undip) dan Universitas Negeri Semarang (Unnes). Sedangkan UNS baru memiliki rintisannya.

Advertisement

“Oleh karena itu Polda Jateng mendorong agar Forum Kemitraan ini segera dibentuk di UNS,” jelasnya saat ditemui Espos di sela-sela kegiatan diskusi bertema Polmas di perguruan tinggi di ruang sidang IV Rektorat UNS, Rabu (25/8).

Melalui lembaga ini, terangnya, masyarakat sebagai subjek yang aktif menjaga keamanan. Sehingga perlu ada interaksi dan komunikasi. Ketika suatu lingkungan mulai tidak aman misalnya, forum itu akan mengidentifikasi masalah dan kemudian mencari solusi terbaik.

ewt

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif