Kamis, 26 Agustus 2010 10:24 WIB Internasional Share :

Obama didesak segera tunjuk Dubes untuk ASEAN

Kuala Lumpur–Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama didesak untuk segera menunjuk duta besar (Dubes) AS untuk ASEAN. Desakan itu disampaikan seorang senator senior AS.

Senator Richard Lugar mengkhawatirkan ketiadaan Dubes tersebut akan memundurkan upaya-upaya untuk meningkatkan hubungan dengan Asia Tenggara.

Lugar mengingatkan perlunya penunjukkan Dubes baru AS untuk ASEAN sebelum tahun depan sebab menurut rencana beberapa bulan mendatang akan digelar KTT AS-ASEAN.

Mantan Presiden AS George W. Bush menunjuk Scot Marciel sebagai dubes AS yang pertama untuk ASEAN pada tahun 2008. Namun Obama belum lama ini memilih Marciel untuk menjadi Dubes AS untuk Indonesia.

“Setelah memilih Dubes untuk ASEAN yang pertama, disayangkan bahwa AS telah menunda penunjukkan penggantinya. Saya mendorong Anda untuk bertindak cepat,” tulis Lugar dalam suratnya untuk Obama seperti dilansir AFP, Kamis (26/8).

Lugar merupakan Senator terkemuka dari Partai Republik di Komite Hubungan Luar Negeri. Lugar menekankan bahwa ASEAN yang mencakup 10 negara Asia Tenggara merupakan pasar ekspor terbesar keempat bagi AS.

Pemerintahan Obama telah berulang kali menyerukan perlunya keterlibatan lebih jauh dengan negara-negara Asia Tenggara dan berjanji akan menghadiri pertemuan-pertemuan ASEAN.

dtc/ tiw

lowongan kerja
lowongan kerja PT Astra International tbk Daihatsu Solobaru, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Guru Sejarah Melawan Intoleransi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (11/7/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Sabtu (8/7) lalu alumnus angkatan 1985 Pendidikan Sejarah Universitas Sanata Dharma Yogyakarta…