Kamis, 26 Agustus 2010 14:23 WIB Internasional Share :

Mubarak perintahkan pembangunan pembangkit nuklir pertama Mesir

Kairo–Presiden Mesir Hosni Mubarak telah memerintahkan jajarannya untuk memulai pembangunan pembangkit tenaga nuklir.

Pembangkit nuklir pertama Mesir tersebut akan dibangun di sebuah lokasi di pantai Mediterania.

Pembangkit nuklir tersebut akan dibangun di daerah al-Dabba, sekitar 160 kilometer sebelah barat Alexandria.

Keputusan Mubarak ini mengakhiri kontroversi yang telah berlangsung setahun mengenai lokasi pembangunan pembangkit nuklir tersebut.

“Mubarak telah mengakhiri kontroversi seputar lokasi pusat pembangkit tenaga nuklir pertama Mesir dengan menyebutkan daerah al-Dabba sebagai lokasi yang dipilih,” demikian disampaikan juru bicara kepresidenan Suleiman Awwad seperti dilansir kantor berita resmi Mesir, MENA dan dilansir Xinhua, Kamis (26/8).

Mubarak membuat keputusan itu setelah pembicaraan dengan anggota-anggota Dewan Tertinggi Energi Nuklir Mesir.

Pada Oktober 2007 silam, Mubarak mengumumkan Mesir akan memulai program pembangunan beberapa fasilitas nuklir penghasil energi guna memenuhi kebutuhan Mesir akan listrik yang terus meningkat.

Pemimpin Mesir itu berjanji akan bekerja sama secara erat dengan badan pengawas nuklir PBB, Badan Tenaga Atom Internasional (IAEA). Mubarak pun menegaskan bahwa Mesir tidak berupaya mengembangkan senjata nuklir.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
SOCIAL KITCHEN, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…