Kamis, 26 Agustus 2010 12:12 WIB Tekno Share :

Ditemukan kodok super kecil

Ilmuwan telah menemukan kodok terkecil dari yang pernah ditemukan di Asia, Afrika atau Eropa. Kodok yang ditemukan di Kalimantan itu hanya seukuran kacang polong.

Jantan dewasa dari mikrospesies baru ini hanya memiliki ukuran 10,6 hingga 12,8 mm. Amfibi seukuran kacang polong itu bernama Microhyla nepenthicola berdasarkan nama tanaman di Kalimantan di mana binatang ini hidup, menurut majalah taksonomi Zootaxa.

Dr Indraneil Das dari Institut Keanekaragaman Hayati dan Konservasi Lingkungan di Universiti Malaysia Sarawak mengatakan subspesies itu awalnya salah didefinisikan di museum.

“Ilmuwan mengira hewan muda dari spesies lain, tapi ternyata hewan dewasa yang baru ditemukan itu spesies mikro,” katanya.

inilah/rif

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…