Kamis, 26 Agustus 2010 17:07 WIB Internasional Share :

Cina desak Filipina segera rilis hasil penyelidikan

Beijing–Pemerintah Cina mendesak pemerintah Filipina untuk secepatnya merilis hasil penyelidikan atas aksi penyanderaan yang menewaskan delapan turis Hong Kong.

Desakan itu disampaikan juru bicara Kementerian Luar Negeri Cina Jiang Yu dalam statemen singkatnya di situs resmi kementerian.

“Kami yakin bahwa tugas paling mendesak adalah mendapatkan hasil jelas investigasi atas insiden tersebut secepat mungkin,” kata Jiang seperti dilansir kantor berita Reuters, Kamis (26/8).

Dikatakan Jiang, pemerintah Cina dan Filipina telah melakukan kontak erat menyusul insiden berdarah tersebut. Bahkan ditekankan Jiang, kedutaan Cina telah berulang kali menekankan sudut pandang Cina atas insiden itu. Namun dia tidak menjelaskan lebih rinci.

Aksi penyanderaan yang terjadi Senin (23/8) lalu tersebut dilakukan oleh mantan polisi senior yang dipecat, Rolando Mendoza.

Pria berumur 55 tahun itu menuntut dirinya dipekerjakan kembali. Cara polisi Filipina menangani krisis penyanderaan yang berlangsung 12 jam itu telah menuai banyak kecaman.

Aparat kepolisian Filipina dituding terlalu lamban dan tidak terlatih menghadapi situasi tersebut. Kepolisian Filipina pun telah mengakui beberapa kesalahan dalam menangani krisis penyanderaan tersebut.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
PT. JATIM BROMO STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…