Kamis, 26 Agustus 2010 09:44 WIB Hukum Share :

Brigjen Edmon Ilyas akan bersaksi untuk Kompol Arafat

Jakarta–Mantan Direktur II Ekonomi Khusus Bareskrim Polri Brigjen Edmon Ilyas dijadwalkan akan bersaksi dalam kasus mafia hukum yang melibatkan Gayus Tambunan. Edmon rencananya dimintai keterangan dalam sidang terdakwa Kompol Arafat.

“Iya rencananya Edmon. Sidangnya nanti pukul 10.00 WIB,” kata Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan, Yusuf, Kamis (26/8).

Selain Edmon, dua perwira menengah Mabes Polri juga akan bersaksi. Mereka yakni Kombes Eko Budi Sampurno dan Kombes Pambudi Pamungkas.

“Ya dua perwira (menengah) lainnya juga,” jelas Yusuf.

Pada persidangan sebelumnya, Edmon pernah disebut Arafat sebagai orang yang memerintahkan untuk mengubah status tersangka Roberto Santonius  menjadi saksi. Dalam penanganan kasus Gayus Tambunan tahun 2009, Roberto diduga mengirimkan duit ke rekening Gayus Rp 925 juta.

Edmon pernah menjalani pemeriksaan kode etik bersama dengan rekannya Brigjen Raja Erizman, yang diduga terlibat kasus Gayus Tambunan.

Edmon Ilyas resmi dicopot dari jabatan Kepala Polda Lampung April lalu karena kasus Gayus. Posisi Edmond digantikan Brigjen Sulistyo Ishak.

Kompol  Arafat Enanie didakwa pasal 5 ayat (1)  huruf b dan pasal 11 UU no 20/2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

dtc/rif

lowongan pekerjaan
sales, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Masyarakat Tertutup Era Keterbukaan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (9/10/2017). Esai ini karya Ichwan Prasetyo, jurnalis Solopos. Alamat e-mail penulis adalah ichwan.prasetyo@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Masyarakat tertutup mempertahankan keberadaannya melalui ketaatan mutlak kepada perintah yang diyakini benar, terlepas dari apakah kebenaran itu sudah diuji…