Kamis, 26 Agustus 2010 17:47 WIB Pendidikan Share :

Banyak Prodi PTS yang belum terakreditasi

Solo (Espos)--Banyak program studi (Prodi) di Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang belum terakreditasi atau akreditasinya masih rendah.

Hal itu disebabkan banyak perguruan tinggi swasta (PTS) yang dinilai tidak komitmen memenuhi standar penilaian akreditasi.

Salah satu asessor Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT), Prof Dr Adi Sulistiyono SH MH, mengungkapkan penilaian yang dilakukan asessor dari BAN PT sangat transparan dan penilaian semuanya terukur jelas.

Hal-hal apa yang menjadi parameter penilaian juga sudah ditetapkan sehingga sebenarnya sangat sederhana.

“Jadi ketika seorang pimpinan universitas ingin salah satu Prodi-nya terakreditasi A misalnya, maka pimpinan harus mengusahakan agar syarat untuk mendapatkan akreditasi A bisa terpenuhi. Misalnya dengan memperbaiki fasilitas perpustakaan, mengalokasikan dana yang memadai untuk penelitian dan sebagainya,” terangnya.

ewt

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
ISI Bukan Kampus Zombi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (23/8/2017). Esai ini karya Aris Setiawan, dosen di Institut Seni Indonesia (ISI) Solo. Alamat e-mail penulis adalah segelas.kopi.manis@gmail.com Solopos.com, SOLO — Institut Seni Indonesia (ISI) Solo segera dipimpin rektor baru. Rektor Sri Rochana Widyastutieningrum…