Selasa, 24 Agustus 2010 11:38 WIB Issue Share :

Toilet dan album John Lennon-Istri bugil dilelang

Liverpool–Toilet milik John Lennon dan salah satu album langka bersampul foto telanjang Lennon bersama istri akan dilelang di Liverpool, Inggris, Sabtu (28/8).

Toilet itu, seperti dikutip BBC, Selasa (24/8), dulunya terpasang di rumah Lennon di Tittenhurst Park di Berkshire pada 1969-1972. Lennon kemudian membongkar toilet itu dan memberikannya kepada tukang batu bernama John Hancock untuk dipakai sebagai pot tanaman.

Namun, toilet itu teronggok di gudang Hancock selama 40 tahun sampai meninggalnya Hancock belum lama ini.

Sedangkan album mono yang akan dilelang berisi lagu berjudul Two Virgins dengan sampul foto telanjang Lennon dan istinya, Yoko Ono.

Kedua barang itu, diperkirakan akan laku setidaknya £3.500 atau sekitar Rp 49 juta.

Pengamat The Beatles yang juga penyelenggara lelang, Stephen Bailey, mengatakan kedua barang tersebut langka. “Kami tidak tahu persis apakah toilet ini berharga. Tapi jelas ini termasuk barang langka,” ujar Bailey.

Pemilik toko The Beatles di Liverpool ini juga mengatakan album yang dilelang tergolong unik karena direkam secara mono. Apalagi sampul album tersebut memakai foto telanjang Lennon. “Di era bebas 1960-an, sampul album yang memakai foto telanjang tetap dianggap skandal,” kata Bailey.

Para ahli musik memperkirakan album mono tersebut hanya dibuat sekitar 200 buah. Ketika itu album ini dibungkus kertas berwarna coklat untuk menutupi foto Lennon dan Ono.

Pelelangan itu juga akan dilengkapi dengan penjualan harmonika kecil milik putra Lennon, Julian. Harmonika itu diberikan Lennon kepada Hancock untuk dibawa, karena harmonika itu telah membuat Lennon marah kepada Julian.

Saat itu, Lennon memberitahu Hancock bahwa bintang The Beatles itu akan mengatakan kepada Julian harmonika itu hilang.

inilah/rif

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…