Selasa, 24 Agustus 2010 13:21 WIB Sport Share :

Menanti aksi duo muda Jerman

Jakarta–Musim ini La Liga tak banyak kedatangan bintang dari luar Spanyol. Namun aksi pendatang baru dari Bundesliga, Mesut Oezil dan Sami Khedira, boleh jadi patut disimak.

Apakah musim pertama di Real Madrid berbuah manis?

Oezil dan Khedira jelas jadi properti panas di bursa transfer musim panas ini terkait penampilan ciamik mereka di Piala Dunia 2010 lalu.

Meski Afrika Selatan adalah turnamen besar internasional pertama mereka, kedua pemain keturunan itu mampu membawa Jerman finis di urutan ketiga.

Namun keberuntungan ada di pihak Madrid karena merekalah yang akhirnya berhasil mendapatkan dua pemain muda Jerman itu, dengan total harga hanya 23 juta poundsterling.

Jelas taktik transfer Madrid kali ini terbilang jitu mengingat mereka biasa menghambur-hamburkan uang untuk membeli pemain.

Jika Madrid sudah merealisasikan misinya untuk mendapatkan Oezil dan Khedira, kini tinggal keduanya membuktikan bahwa El Real tak sia-sia merekrut keduanya.

Modal awal untuk bermain di klub sebesar Madrid sudah dipunyai sebab keduanya pun berasal dari Werder Bremen dan VFB Stuttgart, dua tim papan atas Liga Jerman. Jadi dirasa tak butuh waktu lama untuk menyesuaikan keadaan.

Namun yang perlu diperhatikan apakah mereka bisa beradaptasi dengan kultur sepakbola Spanyol mengingat sepakbola di ranah Matador beraroma latin dengan mengutamakan pada penguasaan bola dan kualitas individu pemainnya.

Tim-tim Jerman sendiri sampai saat ini masih mengedepankan Staying Power dan sepakbola kolektif.

Oezil yang berposisi sebagai gelandang serang jelas diplot Mourinho sebagai pengganti Kaka yang absen empat bulan karena cedera.

Dengan rentang waktu itu pemain 22 tahun itu bisa membuktikan kapasitasnya yang membuatnya disebut-sebut sebagai tandingannya Lionel Messi musim ini.

Sementara untuk Khedira, Mourinho lebih membutuhkan kapten Jerman U-21 ini sebagai gelandang jangkar berduet dengan Xabi Alonso sebagai lini pertama pemutus serangan lawan.

Dengan tekel keras dan daya jelajah tinggi, Khedira diharapkan bisa jadi penerus sosok Claude Makelele yang sampai saat ini belum ditemukan penggantinya.

Bagaimana aksi keduanya? Kita tunggu saja saat Los Merengues memainkan laga pertamanya kontra Real Mallorca 29 Agustus akhir pekan ini.

dtc/nad

Lowongan Pekerjaan
OPERATOR CETAK PT Solo Grafika Utama, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Generasi Milenial dan Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Selasa (14/11/2017). Esai ini karya Lukmono Suryo Nagoro, editor buku yang tinggal di Kota Solo. Alamat e-mail penulis adalah lukmono.sn@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Baru-baru ini lembaga think tank yang bermarkas di Tanah Abang, Jakarta, Centre for…