Senin, 23 Agustus 2010 12:19 WIB News Share :

TKI terancam hukuman mati, Kemlu siapkan bantuan hukum

Jakarta–345 Tenaga Kerja Indonesia (TKI) terancam hukuman mati di luar negeri. Kementerian Luar Negeri (Kemlu) menyiapkan advokasi dan bantuan hukum untuk berupaya mencegah hukuman mati itu.

“Memang perlindungan WNI menjadi prioritas utama kebijakan luar negeri.
Oleh karena itu melalui KBRI, mereka diberi advokasi dan bantuan hukum,” ujar Menlu Marty Natalegawa usai pengukuhan Duta Belia di Gedung Kemlu, Jl Pejambon, Jakarta Pusat, Senin (23/8).

Menurut Marty, TKI yang terancam hukuman mati bukan karena masalah politik sehingga tidak bisa ikut campur. Kasus itu sudah masuk ranah pengadilan dan harus diselesaikan oleh hukum juga.

Dengan memberikan bantuan hukum dan advokasi, lanjut Marty, beberapa kasus hukuman mati terhadap TKI tidak jadi dilakukan. Namun ada juga yang tidak berhasil.

“Yang kita butuhkan kerjasama dengan stake holder yang bekerja baik di lapangan, bersinergi dengan KBRI dan Kemlu serta departemen lain untuk mengatasi masalah,” tutup Marty.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…