News
Senin, 23 Agustus 2010 - 12:45 WIB

Sekretaris Umum PP Muhammadiyah lakukan plagiarisme

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Agung Danarto dilaporkan telah melakukan plagiarisme dalam tulisannya berjudul ‘Puasa Ramadan’ di sebuah harian di Yogyakarta.

“Tulisan Agung Danarto pada hari Kamis, 19 Agustus 2010 itu ternyata adalah hasil plagiasi penuh dari sebuah artikel yang pernah dimuat di majalah Suara Muhammadiyah tiga tahun yang lalu,” ungkap Koordinator Komunitas Anti Plagiasi Angkatan Muda Muhammadiyah Yogyakarta (KAPAL AMM) Abdul Fikar melalui keterangan tertulis yang diterima Inilah.com di Jakarta, Senin (23/8).

Advertisement

Ia mengatakan, sebagai kader Muhammadiyah merasa sangat kecewa atas perilaku orang tertinggi nomor dua di Muhammadiyah tersebut.

“Kami menuntut yang bersangkutan untuk diproses secara adil dan terbuka serta memberikan pertanggungjawaban akademik, moral dan organisasional sebagai akademisi dan, khususnya, sebagai Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah,” katanya.

Berdasarkan data yang diperoleh inilah.com, artikel yang diplagiasi oleh Agung ialah tulisan berjudul Puasa Ramadlan dan Makna Penting Kejujuran yang dimuat Majalah Suara Muhammadiyah NO. 17 Tahun ke-92//1-15 September 2007 M pada Halaman 30-31.

Advertisement

Hasil penelusuran menunjukkan, dari 10 paragraf yang ditulis Agung, seluruhnya merupakan hasil plagiasi dari artikel yang ditulis Robby H Abror, Dosen Aqidah dan Filsafat, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

inilah/nad

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif