Senin, 23 Agustus 2010 20:30 WIB Hukum Share :

Sampel kerangka akan dikirim ke Mabes Polri

Solo (Espos)–Tim forensik yang terdiri atas unsur Polresta Solo (dr Aji K), Polres Sukoharjo (dr Lusi), dan RS Dr Moewardi (dr Aji dan dr Wahyu) melakukan proses otopsi terhadap penemuan kerangka di pekarangan rumah Yulianto, warga Kragilan RT 2/RW XV, Pucangan, Kartasura, Senin (23/8).

Selama proses otopsi dilakukan, tim forensik menggunakan metode Disaster Victim Identification (DVI) sebagaimana yang dilakukan polisi di daerah lain saat melakukan otopsi korban si jagal dari Jombang, Riyan.

Hasil sementara otopsi yang dilakukan tim forensik diketahui, dari kantong mayat yang ada terdapat satu kerangka manusia dengan jenis kelamin laki-laki dengan usia berkisar 40 tahun-65 tahun. Dari hasil otopsi pula diketahui, fisik kerangka manusia tersebut dipastikan terhindari dari luka senjata tajam atau senjata tumpul. Pun demikian, sedianya tim forensik akan mengirim sampel DNA dan sampel kerangka ke Mabes Polri guna mendapatkan hasil positif.

“Kemungkinan, kematian korban sudah lebih dari satu tahun. Di dalam karung itu juga ada celana pendek warna hijau, sepasang sandal berukuran 9, potongan kaos. Saat otopsi, kami juga memeriksa gigi selain tulang atau kerangka,” tegas perwakilan tim forensik dari Polresta Solo, dr Aji K saat ditemui wartawan di RS dr Moewardi Solo, Senin (23/8).

Saat disingung tentang berapa banyak kemungkinan kerangka yang dimasukkan dalam satu karung dari daerah Kartasura itu, dr Aji K menjelaskan selain menemukan kerangka manusia, pihaknya juga menemukan kerangka hewan kambing atau hewan sapi.

“Kerangka-kerangka itu masih ada lima bungkus lagi yang belum kami periksa. Untuk yang satu bungkus sudah. Hasilnya, selain ada kerangka manusia memang ada juga kerangka hewan. Setelah kami lakukan pemeriksaan, bukti-bukti penting berupa kerangka atau yang lainnya akan kami kirim ke Mabes Polri. Karena, di sana fasilitasnya lebih lengkap,” ujar dia.

pso

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…