Senin, 23 Agustus 2010 10:37 WIB News Share :

BMKG
Cuaca Jateng selatan dipengaruhi badai La Nina

Cilacap–Akibat bada La Nina, stasiun Meteorologi Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Cilacap memprakirakan, cuaca di Jawa Tengah bagian selatan masih bersifat fluktuatif hingga Oktober 2010.

“Hal ini akibat masih kuatnya pengaruh fenomena La Nina moderat, yakni La Nina yang kekuatannya sedang, serta masih tingginya suhu permukaan laut di Indonesia yang berkisar 29-30 derajat Celcius,” kata analis cuaca Stasiun Meteorologi Cilacap Teguh Wardoyo di Cilacap, Senin (23/8).

Masih tingginya suhu permukaan laut tersebut, kata dia, mengakibatkan penguapan air tetap tinggi sehingga membentuk awan hujan. Dengan demikian, lanjutnya, cuaca di wilayah selatan Jateng menjadi tidak menentu atau fluktuatif, yakni kadang cerah dan panas tetapi tiba-tiba mendung serta hujan.

Menurut dia, kondisi tersebut diprakirakan akan berlangsung hingga awal musim hujan pada bulan Oktober mendatang.

“Jadi musim kemarau kali ini menjadi basah karena masih sering turun hujan, bahkan akan menyambung dengan musim hujan. Kondisi seperti ini pernah terjadi pada tahun 1997-1998 silam,” katanya.

Ia mengatakan, curah hujan selama Agustus 2010 sudah di atas normal karena telah lebih dari 100 milimeter. “Normalnya berkisar antara 50-100 mm,” katanya.

Selain cuaca, kata dia, angin yang bertiup di Jateng bagian selatan juga sangat fluktuatif yang dipengaruhi angin timuran, yakni bertiup dari arah timur hingga tenggara dengan kecepatan berkisar antara 5-30 kilometer per jam.

Menurut dia, kondisi ini juga memengaruhi ketinggian gelombang di perairan selatan Jateng dan Daerah Istimewa Yogyakarta. “Hari ini (23/8) hingga beberapa hari ke depan, ketinggian gelombang di perairan selatan Jateng diprakirakan masih berada pada kisaran 2,5-3 meter,” katanya.

ant/rif

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…