Senin, 23 Agustus 2010 23:12 WIB Karanganyar Share :

365 Hektare lahan pertanian gagal panen

Karanganyar (Espos)--Sedikitnya 365 hektare lahan pertanian di wilayah Kabupaten Karanganyar  mengalami gagal panen.

Ratusan hektare (Ha) lahan pertanian di Bumi Intanpari itu gagal panen menyusul serangan hama wereng yang mengganas.

Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan (Distanbunhut) Kabupaten Karanganyar mencatat mayoritas lahan pertanian yang mengalami gagal panen berada di Kecamatan Colomadu.

Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Holtikultura Distanbunhut Harmanto STP MM ketika dijumpai Espos, Senin (23/8) di ruang kerjanya mengatakan kondisi gagal panen tersebut tak mempengaruhi produktivitas hasil pertanian yang ada.

Menurut dia, gagal panen terjadi lantaran para petani nekat menanam padi pada kondisi ekstrem perubahan cuaca yang tidak menentu ini. Mestinya, para petani terutama lahan pertanian tadah hujan tidak lagi menanam tanaman padi, melainkan tanaman palawija.

“Namun mereka (petani-red) nekat tetap tanam padi. Ya sudah mestinya hama wereng bisa diputus, jadi tambah subur,” ujarnya.

isw

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Urgensi Mendesain Ulang Prolegnas

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (14/2/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universita Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com.  Solopos.com, SOLO–Sidang paripurna DPR di ujung 2017 lalu dibuka dengan laporan 50 rancangan undang-undang (RUU)…