Soloraya
Minggu, 22 Agustus 2010 - 13:19 WIB

Lebaran, car free day dipastikan tidak berlaku

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan tidak akan memberlakukan hari bebas kendaraan atau car free day pada masa arus mudik dan arus balik Lebaran 2010 nanti.

Hal itu dimaksudkan agar tidak mengganggu kenyamanan para pemudik yang melintasi Kota Solo melalui Jl Slamet Riyadi. Hal tersebut ditegaskan Walikota Solo Joko Widodo (Jokowi) ketika ditemui wartawan, Minggu (22/8). Jokowi menjelaskan keputusan untuk tidak memberlakukan car free day tersebut diambil dengan pertimbangan Jl Slamet Riyadi yang selama beberapa bulan terakhir ini digunakan sebagai kawasan car free day merupakan jalur utama arus mudik, sehingga dipastikan akan banyak dilalui berbagai macam kendaraan seperti angkutan umum, bus hingga sepeda motor. “Dari kajian dengan Dishub (Dinas Perhubungan-red), jalur car free day akan dibuka sementara pada H-7 hingga H+7 Lebaran,” terang Jokowi.

Advertisement

Hal tersebut dibenarkan Kepala Dishub Kota Solo, Yosca Herman Sudrajad. Jokowi menambahkan pada masa Lebaran nanti diperkirakan rata-rata orang akan fokus pada mudik daripada memanfaatkan kebijakan yang baru diambil beberapa bulan itu. Sehingga Jokowi menilai keputusan tidak memberlakukan car free day pada masa mudik dan arus balik itu bukan merupakan kebijakan yang asal-asalan. Hal itu, lanjutnya, adalah sebuah keputusan konkrit dan tidak akan banyak berpengaruh terhadap aktivitas masyarakat pada masa tersebut.

sry

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Car Free Day
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif