News
Minggu, 22 Agustus 2010 - 11:38 WIB

Jurnalis tewas dikeroyok, AJI Makassar gelar tahlilan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Tewasnya kontributor televisi, Ridwan Salamun, saat meliput bentrokan di Maluku dikecam semua pihak. Aliansi Jurnalis Makassar (AJI) Kota Makassar menggelar tahlilan dan mengedarkan sumbangan sebagai bentuk simpati terhadap keluarga korban.

“Kami akan menggelar tahlilan malam ini di kantor AJI Makassar,” ujar Ketua AJI Makassar, Ana Rusli, Minggu (22/8).

Advertisement

Tahlilan akan dirangkai dengan malam renungan atas kasus-kasus kekerasan yang menimpa wartawan. Acara akan dihadiri oleh wartawan di Makassar.

Selain itu, AJI Makassar juga akan mengedarkan sumbangan yang akan diberikan untuk keluarga korban. Hingga saat ini, keluarga Ridwan belum menerima santunan dari pihak manapun.

“Karena itu, kami menuntut agar perusahaan-perusahaan media untuk memberikan santunan kepada kontributor di daerah konflik,” kata Ana.

Advertisement

Lebih lanjut Ana berharap perusahaan media kian meningkatkan perlindungan terhadap jurnalis seperti perlengkapan keselamatan saat meliput, dan pemberian asuransi terhadap kontributor.

Ana juga meminta agar negara serius memangani kasus kekerasan dan pembunuhan terhadap wartawan yang kian meningkat belakangan ini. Dari 2 tahun terakhir, sekitar 20 kasus kekerasan dan pembunuhan menimpa wartawan di Indonesia. Kasus teranyar adalah pembunuhan terhadap Ardiansyah, wartawan di Merauke dan Ridwan Salamun di Tual, Maluku.

dtc/ tiw

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif