News
Minggu, 22 Agustus 2010 - 16:15 WIB

Banjir, 5.000 orang di Korut dievakuasi

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Pyongyang–Bencana banjir di China ikut menimpa wilayah Korea Utara (Korut) yang berbatasan dengan Negeri Tirai Bambu itu. Lebih dari 5.000 orang dievakuasi dari barat laut Korea Utara.

Menurut kantor berita KCNA, seperti dilansir Reuters, Minggu (22/8), banjir di China menyebabkan sungai Amnok yang berada di perbatasan China-Korut ikut meluap. Kota Shinuiju yang berada di tepi sungai pun terendam banjir.

Advertisement

Pimpinan Korut, Kim Jong Il mengirim tentara untuk menyelamatkan warga kota. Pesawat dan kapal perang dikirim untuk mengevakuasi sekurangnya 5.150 korban.

Banjir besar yang terjadi beberapa tahun belakangan di Korut telah menewaskan ratusan orang, menghancurkan bangunan dan pertanian, dan memaksa Korut untuk meminta bantuan asing. Infrastruktur yang buruk di luar ibukota Pyongyang menyebabkan hujan besar gampang merusak pertanian.

Berbagai lembaga kemanusiaan melaporkan, Korut kekurangan 1 ton bahan pangan akibat bencana banjir. Negara donor seperti Korea Selatan dan AS memotong bantuannya akibat kebijakan politik Korut yang provokatif.

Advertisement

dtc/ tiw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Banjir Korut
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif