Minggu, 22 Agustus 2010 14:20 WIB Kesehatan Share :

Awas, obat jerawat bisa bikin usus meradang

London–Ketika obat lain sudah tidak mempan lagi, isotretinoin sering menjadi senjata pamungkas untuk mengatasi jerawat batu. Namun pada beberapa remaja, obat ini dilaporkan dapat memicu efek samping berupa radang usus.

Penyakit radang usus (inflammatory bowel disease) yang muncul selama mengkonsumsi obat jerawat sebenarnya sangat jarang terjadi. Namun beberapa remaja di Amerika dilaporkan mengalami hal itu setelah mendapat pengobatan dengan tablet isotretinoin untuk mengatasi jerawat batu.

Jenis radang usus yang dialami pada umumnya adalah Crohn’s Disease, penyebab berbagai masalah pencernaan seperti nyeri di sekitar perut, diare yang sangat berat hingga kurang gizi. Crohn’s Disease bisa diatasi dengan obat-obat antiradang, namun untuk kondisi yang sudah parah usus harus dibedah.

Dalam sebuah publikasi di American Journal of Gastroenterology, sejumlah peneliti menduga efek samping ini juga berkaitan dengan penggunaan antibiotik sebelumnya. Sebab pada jerawat batu, umumnya pasien telah mendapat antibiotik selama berbulan-bulan sebelum diberi isotretinoin.

Dugaan tersebut ternyata tidak meleset. Dalam pengamatan terhadap 94.000 remaja berjerawat, risiko radang usus setelah mendapatkan antibiotik turunan tetrasiklin meningkat 0,26 persen, doxycycline 0,21 persen, minocycline 0,17 persen sementara yang belum pernah mendapat antibiotik hanya 0,14 persen.

Dr David Margolis, seorang dokter kulit yang memimpin penelitian tersebut mendesak adanya penelitian lebih lanjut terkait temuan ini. Bukan tidak mungkin radang usus tersebut berhubungan dengan jerawat itu sendiri, bukan sekedar efek samping dari pengobatannya.

“Efek samping semacam ini sangat langka, namun dokter harus tetap berhati-hati dan memperhatikan kemungkinan ini jika ingin meresepkan isotretinoin pada penderita jerawat batu,” ungkap Dr David seperti dikutip dari Reuters, Minggu (22/8).

dtc/ tiw

lowongan kerja
lowongan kerja SALES SMARTFREN, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

rabu 31 mei

Kolom

GAGASAN
Bung Karno, Tokoh Zaman yang Langka

Gagasan ini dimuat Harian Solopos Kamis (8/6/2017), ditulis A. Windarto, peneliti di Lembaga Studi Realino Sanata Dharma Yogyakarta. Solopos.com, SOLO–Esai Albertus Rusputranto P.A. berjudul Bung Karno, Lenso, Cha-Cha (Solopos, 2/6/2017) memperlihatkan betapa legendarisnya Presiden pertama Republik Indonesia itu. Pasukan pengawal…