Sabtu, 21 Agustus 2010 16:44 WIB News Share :

Muhammadiyah serukan umat muslim bantu korban banjir di Pakistan

Jakarta–Muhammadiyah meminta warga muslim Indonesia menyisihkan sebagian hartanya untuk membantu korban banjir di Pakistan. Hal ini sebagai bentuk solidaritas antar kaum muslim di dunia.

“Saya imbau umat muslim untuk menunjukkan solidaritasnya,” ujar Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, di Kantor PP Muhammadiyah, Jl. Menteng Raya, Jakarta Pusat, Sabtu (21/8).

Din menjelaskan, bantuan tersebut dapat disalurkan melalui berbagai cara. Salah satunya lewat kotak amal salat Jumat di seluruh mesjid dan musala. Termasuk sumbangan kotak amal minimal 1 malam Ramadan.

Din menambahkan, kaum muslim juga bisa menyalurkan bantuan korban banjir Pakistan melalui rekening BCA, Syariah Mandiri, dan BRI dalam bentuk Zakat.

“Untuk BCA, nomor rekeningnya 878.004.0077, Syariah Mandiri 009.0066.666, dan BRI 230.01.001403.30.9,” sebutnya.

Di tempat yang sama, Duta Besar Pakistan Sanaullah mengatakan banjir telah menimbulkan penderitaan bagi rakyat Pakistan. Para korban banjir saat ini sangat membutuhkan bahan makanan, minuman, dan penginapan.

“Semuanya hilang setelah banjir. Hasil panen setahun sudah tidak ada lagi karena terendam air. Di antara para korban, setidaknya ada 1000 wanita hamil yang butuh bantuan tersebut,” ungkap Sanaullah.

Bencana banjir Pakistan telah berlangsung sejak sepekan lalu. Sebanyak 1.497 orang dinyatakan meninggal dunia dan 2.054 orang lainnya mengalami cedera. Banjir juga menyebabkan 980.484 rumah warga rusak. Pemerintah setempat telah menetapkan banjir kali ini sebagai bencana nasional.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
Juara Karakter Indonesia, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…