News
Sabtu, 21 Agustus 2010 - 15:10 WIB

Harga cabai terjun bebas

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–Mungkin ini merupakan kabar gembira bagi Anda penggemar masakan pedas. Pasalnya, harga cabai mulai turun drastis pada sepekan terakhir ini.

Berdasarkan pantauan detikFinance di Pasar Rawamangun, harga cabai terjun bebas ke harga Rp 25.000/kg. Padahal bulan lalu harga cabai ini sempat melambung di harga Rp 40.000/kg saat menjelang bulan puasa.

Advertisement

Rifo, salah seorang pedagang cabai di Pasar Rawamangun ini menyatakan saat ini pasokan cabai sedang banyak. Karena banyaknya daerah penghasil cabai yang sedang panen.

“Sepekan ini turun karena panen banyak jadi harga murah,” ujarnya di sela melayani pembeli, Sabtu (21/8).

Hal serupa juga terjadi pada bawang merah dan bawang putih. Harga bawang merah turun Rp 2.000 dari Rp 16.000/kg menjadi Rp 14.000/kg. Begitu juga dengan pasangannya, harga bawang putih bahkan turun Rp 4.000 dari Rp 28.000/kg menjadi Rp 24.000/kg.

Advertisement

Rifo mengakui harga tinggi masih dialami cabai rawit merah yang harga per kilogram mencapai Rp 60.000. Sedangkan, cabai rawit hijau juga stabil pada harga Rp 16.000/kg.

“Yang tinggi itu cabai rawit merah, bertahan di Rp 60.000 per kilogram,” ujarnya.

Sebelumnya Menteri Perdagangan Mari Elka Pangestu mengakui terjadi penurunan harga pada kebutuhan pokok seperti daging ayam, telur, dan cabai. Komoditi tersebut mulai turun sekitar 10-15% memasuki awal pekan kedua puasa setelah sebelumnya harganya melonjak.

Advertisement

“Beberapa hari sebelum puasa cabai, daging ayam, telur dan daging sapi naik dengan cepat. Tapi setelah beberapa hari puasa ternyata harga turun sekitar 10-15%,” ujar Mari.

Dari sejumlah kebutuhan bahan pokok, beras merupakan komoditas yang harganya belum mengalami penurunan. Sementara daging sapi, meskipun turun namun harganya masih cukup tinggi karena penurunannya tidak besar.

“Tapi ini masih sesuai dengan tren musiman. Jadi tidak perlu khawatir, karena stok cukup sampai akhir puasa, lebaran dan akhir tahun,” paparnya.

dtc/rif

Advertisement
Kata Kunci : Harga Cabai Terjun Bebas
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif