Jumat, 20 Agustus 2010 13:05 WIB Sport Share :

Sulit tapi tak mustahil buat Barca

Barcelona–Kans Barcelona untuk mempertahankan gelar menipis setelah kalah di leg pertama.

Kendati demikian, Barca masih memiliki kesempatan untuk memboyong titel Piala Super Spanyol kesembilan.

Pertandingan leg kedua Piala Super Spanyol akan digelar di Camp Nou, Sabtu (21/8) waktu setempat. Adapun hasil leg pertama Barca ditundukkan Sevilla 1-3.

Dengan situasi demikian, Barca mau tidak mau harus bisa menang minimal dua gol untuk memboyong Piala Super Spanyol. Sayangnya, tim Catalan ini punya rekor yang tidak baik jika berada dalam keadaan tertinggal.

Dalam tiga kali laganya, Blaugrana selalu gagal juara jika kalah dulu di leg sebelumnya. Pada 1985, Barca harus menyerahkan titel itu ke Athletico Bilbao setelah menyerah 1-3 meski menang 1-0 di leg kedua.

Tiga tahun berikutnya, Barca juga mengalami kegagalan setelah takluk 2-0 dari Real Madrid dan unggul tipis 1-2 di Camp Nou. Pada 1993, Barca kembali menyerah dari lawan yang sama usai menyerah 1-3 di Santiago Bernabeu dan cuma seri 1-1 di kandangnya.

Kendati punya rekor buruk, Barca tetap diyakini akan bisa bangkit. Dalam tujuh laga terakhirnya, Barca mampu menang lima kali dan cuma dua kali kalah.

Dukungan dari ribuan Barcelonistas akan membakar semangat pasukan Josep Guardiola. Plus kehadiran para pemain bintangnya yang sudah kembali dari kewajiban membela tim nasional di Piala Dunia.

“Jelas mereka (Sevilla) punya keuntungan 3-1 dan itu adalah hasil yang sangat bagus. Kami harus bangkit, bermain di Camp Nou akan membantu kami karena kami punya fans di belakang kami dan beberapa tim telah merasakan bahwa pertandingan (di kandang kami) terasa sangat lama,” yakin ucap Gerrard Pique beberapa waktu lalu.

“Kami semua telah kembali dalam level kebugaran yang bagus serta kami berada dalam kondisi yang hebat,” pungkas dia.

dtc/nad

lowongan pekerjaan
Gramedia Surakarta, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…