News
Jumat, 20 Agustus 2010 - 19:06 WIB

SBY: Jangan terlalu mudah salahkan orang lain

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta--Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) meminta agar masyarakat tidak mudah menyalahkan orang lain.

Sebaliknya, introspeksi ke dalam diri sendiri jauh lebih penting.

Advertisement

“Kita justru harus sering instrospeksi dan mawas diri. Lihatlah kekurangan masing-masing agar bisa memperbaikinya,” ucap SBY saat menyampaikan sambutan dalam acara buka bersama para menteri, pimpinan lembaga negara, dan duta besar negara sahabat di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Jumat (20/8).

Menurut SBY, bila mau jujur, 10 tahun reformasi di Indonesia sudah menghasilkan beberapa capaian. Pihak luar negeri pun menilai sudah ada kemajuan di negeri ini, seperti telah hadirnya demokrasi dan penghormatan terhadap HAM.

“Keamanan di dalam negeri juga pulih, politik stabil, demikian juga ekonomi,” terang SBY.

Advertisement

Namun, lanjutnya, masyarakat internasional masih menjumpai sejumlah kekurangan yang dialami Indonesia. Merajalelanya korupsi, infratruktur yang belum memadai, dan biaya politik tinggi masih terjadi.

Begitu pula dengan aksi-aksi kekerasan yang menganggu keamanan publik belum bisa dituntaskan.

SBY mengajak agar kritikan itu diterima secara lapang dada untuk selanjutnya mengadakan perbaikan secara bersama-sama. Ia mengimbau agar seluruh elemen bangsa tidak cuma saling menyalahkan agar PR besar tersebut bisa rampung.

Advertisement

“Kalau semua orang menerima dengan lapang dada kekurangan orang dan berhenti saling, menyalahkan, menuding, dan menganggap diri lebih baik, dan orang lain tidak baik, Insya Allah pekerjaan rumah dapat kita selesaikan,” ujarnya.

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif