Soloraya
Jumat, 20 Agustus 2010 - 21:56 WIB

Pendapatan turun, Pemkot rebranding Galabo

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Pendapatan yang diperoleh Pemerintah Kota (Pemkot) Solo dari penarikan pajak warung Gladak Langen Bogan (Galabo) hingga pertengahan tahun 2010 ini, diakui turun dibandingkan dua tahun sebelumnya.

Terkait hal itu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Solo berencana melakukan penataan terhadap kawasan tersebut. Kepala Disperindag Kota Solo, S Joko Pangarso mengemukakan penataan yang menurut rencana dilaksanakan menjelang Lebaran 2010 ini untuk mengangkat kembali citra Galabo sebagai kawasan wisata kuliner di Kota Bengawan.

Advertisement

“Penataan itu akan kami lakukan rebranding dengan mempercantik suasana di Galabo, sehingga semakin menarik minat pengunjung untuk datang dan bersantap malam di sana,” ujar Joko ketika ditemui wartawan di Balaikota Solo, Jumat (20/8).

Diakui Joko sejak awal 2010 ini terjadi penurunan pengunjung di Galabo, meskipun tidak disebutkan secara terinci berapa penurunannya. Namun, bila ditinjau dari aspek penerimaan pajak warung, Joko menyebutkan pada tahun ini terjadi penurunan. “Kalau dua tahun yang lalu, pendapatan pajak warung rata-rata bisa mencapai sekitar Rp 85 juta per tahun. Namun hingga pertengahan tahun 2010 ini penerimaan pajak tersebut baru mencapai Rp 26 juta. Ini kan minim sekali,” ungkapnya.

Joko mengatakan pihaknya pun melakukan evaluasi untuk mengkaji berbagai sektor yang melingkupi Kawasan Galabo, mulai dari gerobak pedagang, para pedagangnya, penataan peralatan, kebersihan hingga persoalan tarif parkir di Galabo.

Advertisement

Ditemui terpisah Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) mengatakan kawasan Galabo akan menjadi magnet tersendiri bagi para pemudik. “Selama Lebaran, kawasan kuliner Galabo akan tetap dibuka untuk menarik minat pengunjung sekaligus sebagai salah satu ikon Kota Solo, sehingga akses ke situ (Galabo-red) tidak akan diubah,” kata Jokowi.

sry

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Galabo
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif