Jumat, 20 Agustus 2010 08:26 WIB Hukum Share :

Hati-hati, penipuan SMS mama minta pulsa

Jakarta–Modus penipuan baru melalui sms kembali muncul.  Anda harus hati-hati jika tiba-tiba mendapat SMS yang berisi permintaan pulsa dari orang yang mengatasnamakan mama atau ibu Anda.

Beberapa hari ini marak beredar modus penipuan yang memanfaatkan fasilitas pesan pendek (SMS) melalui telepon seluler. Isi pesan SMS tersebut adalah permintaan dikirimi pulsa senilai Rp20.000 ke nomor pengirim yang tidak mencantumkan nama.
Untuk meyakinkan calon korbannya. SMS yang dikirim oleh seseorang dengan nomor +6287842890475 itu menuliskan bujuk rayu sebagai berikut:

“Tolong belikan dulu Mama Pulsa Rp 20.ribu di nomor baru Mama. Ini nomornya, 081284104522 secepatnya ya.. Penting. Nanti Mama ganti uangnya. Sekarang Mama Tunggu ya.”

Valen, seorang wartawan sebuah radio, mengaku telah tertipu dengan SMS sejenis. Dia telah tertipu mengirimkan pulsa dengan nominal yang lebih besar, Rp 50.000. Valen tertipu karena berpikir SMS itu dikirim oleh ibunya.

Saat dimintai komentar terhadap modus penipuan SMS ini, Kabid Humas Polda Metrojaya Kombes Boy Rafli Amar mengatakan bahwa modus SMS seperti itu menunjukkan bahwa pelaku penipuan semakin kreatif.

“Penjahat kan kreatif. Semua cara digunakan untuk menipu kita,” ujar Boy seperti dilansir inilah.com, Jumat (20/8).

“Makanya jangan mudah percaya. Pikir dulu sebelum kirim,” lanjut Boy berpesan.

rif

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Bersua Warna

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (17/6/2017). Esai ini karya Na’imatur Rofiqoh, ilustrator lepas yang tinggal di Solo dan merupakan alumnus Program Studi Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah naimaturr@gmail.com. Solopos.com,…