Jumat, 20 Agustus 2010 14:23 WIB News Share :

Disiksa, 10 TKI asal Sumenep pulang tanpa bawa uang

Sumenep–Sebanyak 10 tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kecamatan Arjasa, Kabupaten Sumenep, Madura dipulangkan paksa dari negeri jiran Malaysia.

Mereka sempat disiksa majikan dan polisi Malaysia. Bahkan, dua TKW diantaranya mendapat perlakuan pelecehan seks dari sang majikan. Lebih mengenaskan, mereka yang kerja antara satu sampai tiga tahun tidak mendapatkan gaji penuh. Sehingga, mereka pulang tanpa membawa uang.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Sumenep, Madani mengatakan, para TKI ilegal
tersebut sempat disiksa majikan dan polisi Malaysia. “Mereka juga tidak mendapat gaji utuh,” ujar Madani kepada wartawan di kantornya, Jalan Lingkar Barat, Sumenep, Jumat (20/8).

Pihak pemerintah kabupaten, kata dia, memberi ongkos pulang ke kampung halamannya senilai Rp 75 ribu per orang. “Kemampuan pemerintah kabupaten hanya Rp 75 ribu per orang,” pungkasnya.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
ADMINISTRASI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Urgensi Mendesain Ulang Prolegnas

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (14/2/2018). Esai ini karya Isharyanto, dosen Hukum Tata Negara di Universita Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah isharyantoisharyanto8@gmail.com.  Solopos.com, SOLO–Sidang paripurna DPR di ujung 2017 lalu dibuka dengan laporan 50 rancangan undang-undang (RUU)…