News
Jumat, 20 Agustus 2010 - 00:39 WIB

Banyak kerja sama dengan negara lain mandeg

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)--Pemerintah daerah (Pemda) baik Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Kota/Kabupaten dinilai masih minim dalam penyediaan sumber daya manusia (SDM) dengan berbekal ilmu diplomasi.

Akibatnya banyak kerjasama yang dilaksanakan dengan negara lain seperti sister city di sejumlah daerah tidak bisa berjalan alias mandeg di tengah jalan.

Advertisement

Demikian disampaikan Dubes RI di Etiopia Ramli Da’ud ketika dijumpai Espos di Kampus Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Kamis (19/8).

Menurut Ramli, Pemda dalam menghadapi era globalisasi mestinya mulai menata diri dengan menyiapkan SDM yang ada dengan berbekal ilmu diplomasi.

Terlebih lagi para era otonomi daerah seperti sekarang ini di mana masing-masing Pemda dalam mempromosikan daerahnya dapat melakukan kerjasama dengan negara lain.

Advertisement

“Sekarang ini banyak daerah yang kerjasama misalnya sister city dengan negara lain tidak jalan. Karena SDM-nya tak miliki bekal diplomasi. Tidak gampang membaca MoU (nota kesepahaman-red) jika tidak memiliki bekal diplomasi,” ujarnya.

isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Kerja Sama Mandeg
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif