Jumat, 20 Agustus 2010 10:01 WIB News Share :

Andi Anshar
Jimly jangan emosi, ICW jangan jadi tim sukses

Jakarta— Indonesia Corruption Watch (ICW) dinilai memiliki kepentingan menggolkan Bambang Widjojanto sebagai calon pimpinan KPK. Kondisi ini menurut anggota Komisi III DPR Andi Anshar Cakrawijaya sangatlah lumrah jika ICW mendukung Bambang Widjojanto sebagai sesama aktivis LSM antikorupsi.

“Sangat wajar kalau ICW mendukung Bambang Widjojanto, tapi caranya jangan begitu dong. Memberi masukan kepada Pansel tidak harus dipublikasikan,” ujar Andi Anshar, Jumat (20/8).

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini pun meminta ICW tidak meladeni tudingan Jimly Asshiddiqie soal salah satu aktivis ICW adalah anak koruptor.

“Pak Jimly juga sebagai senior harus menahan dirilah, tidak perlu seperti itu. Proses seleksi ini masih panjang, bukan ICW yang menentukan. Masih ada presiden dan DPR,” ujar putera mantan Jaksa Agung Andi M Ghalib ini.

Sebagaimana diketahui, tujuh calon yang lolos ke tahap wawancara seleksi pimpinan KPK adalah mantan Direktur Tata Usaha Negara Kejaksaan Agung Sutan Bagindo Fahmi, mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Jimly Asshiddiqie, Irjen Pol. (purn) Chaerul Rasjid, advokat Melli Darsa, Ketua Komisi Yudisial Busyro Muqoddas, Ketua Kaukus Antikorupsi DPD RI I Wayan Sudirta, dan advokat Bambang Widjojanto.

Sebelumnya diberitakan, Jimly menyatakan penelusuran rekam jejak calon Ketua KPK oleh ICW mengandung unsur perlawanan terhadap calon lain di luar dua calon yang diinginkan ICW untuk lolos yakni Bambang Widjojanto dan Melly Darsa. Dimana keduanya merupakan alumni LBH.

Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) itu juga menyebut ICW bukan lembaga bersih seperti yang dikira oleh masyarakat saat ini. “Siapa yang menjamin anak-anak ICW itu bukan anak koruptor?” kata Jimly.

inilah/rif

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…