Kamis, 19 Agustus 2010 16:07 WIB Karanganyar Share :

SPN dan KEP pantau pembayaran THR

Karanganyar (Espos)–Menjelang Lebaran 1431 H, DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN)dan SP Kimia Energi Pertambangan (KEP) Kabupaten Karanganyar menerjunkan tim khusus guna memantau pembayaran tunjangan hari raya (THR).

Hal itu disampaikan Ketua DPC SPN Kabupaten Karanganyar, Suparno, dan Ketua DPC SP KEP, Eko Supriyanto, Kamis (19/8),secara terpisah. Dikemukakan keduanya, perusahaan wajib membayarkan tunjangan yang menjadi hak pekerja tersebut sesuai Peraturan Menteri Tenaga Kerja (Permanaker) No 4 Tahun 1994 yang mengatur tentang pemberian THR Keagamaan bagi karyawan perusahaan.

“Unsurnya (tim pemantau THR) nanti dari serikat pekerja, perwakilan pengusaha, dan pemerintah juga. Kami tekankan agar semua perusahaan membayarkan sesuai ketentuan, itu sifatnya wajib dan tidak ada alasan perusahaan tidak mampu,” tegas Suparno kepada wartawan di Karanganyar.

Sementara Ketua DPC SP KEP, Eko Supriyanto, menyatakan pemantauan pembayaran THR pekerja akan dilakukan melalui struktural serikat buruh masing-masing perusahaan. Seperti halnya disampaikan oleh Suparno, Eko menegaskan THR adalah kewajiban yang harus ditunaikan pengusaha kepada para pekerja.

“Kami sudah ada jadwal bertemu dengan perwakilan buruh dari perusahaan-perusahaan dalam pekan ini juga. Nanti dalam kesempatan itu pengurus DPC SP KEP akan meminta data-data dan penjelasan soal teknis pembayaran THR di tempat bekerja masing-masing sebagai bentuk monitoring awal,” ujarnya.

Menurut Eko, selain dari unsur serikat buruh KEP, pertemuan juga akan mengundang perwakilan pekerja dari perusahaan-perusahaan rokok tembakau makanan dan minuman. Dia menyatakan, upaya tersebut dilakukan agar proses monitoring pembayaran THR oleh perusahaan setempat berjalan lebih efektif.

try

Harian Umum SOLOPOS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Kota Penyair Perlawanan

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (16/8/2017). Esai ini karya Anindita S. Thayf, novelis dan esais yang tinggal di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Alamat e-mail penulis adalah bambu_merah@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Dalam rangka memperingati hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia pada 1982,…