News
Kamis, 19 Agustus 2010 - 20:17 WIB

PJTKI fiktif masih menghantui

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Penyaluran Jasa Tenaga Kerja Indonesia (PJTKI) fiktif disinyalir masih beroperasi di sejumlah daerah. Hanya berbekal papan nama mereka melakukan praktek perekrutan tenaga kerja.

Debuti Kerjasama Luar Negeri dan Promosi Badan Nasional Penempatan dan Penyaluran Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) Ramli Sa’ud ketika dijumpai wartawan di kampus Universitas Slamet Riyadi (Unisri) Solo, Kamis (19/8) meminta masyarakat mewaspadai PJTKI fiktif yang hanya mengandalkan papan nama belaka tanpa mengantongi izin dari pemerintah. Biasanya PJTKI fiktif tersebut tersebar di daerah pinggiran.

Advertisement

Selain mewaspadai PJTKI fiktif, Ramli menambahkan masyarakat juga harus menghindari penyaluran tenaga kerja melalui calo. Para calo inilah yang terkadang sering melakukan tinda penipuan terhadap para calon tenaga kerja. Apalagi harus membayar uang hingga puluhan juta rupiah. “Jika curiga ada yang tidak beres segera laporkan saja ke kami,” pintanya.

Namun yang menjadi masalah semakin tinggi angka tenaga kerja ke luar negeri, semakin tinggi pula angka kasus ketenagakerjaan yang ada.

“Oleh karena itu kami berupaya menekan semaksimal mungkin kasus ketenagakerjaan di luar negeri. Termasuk kasus kekerasan,” katanya.

Advertisement

Dia menuturkan berbagai upaya menekan angka kasus kekerasan TKI adalah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) dalam hal ini tenaga kerja. Selain itu memperbanyak penyaluran tenaga kerja formal seperti perawat, tenaga konstruksi dan pertambangan.

isw

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Hantui PJTKI Fiktif
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif