Soloraya
Kamis, 19 Agustus 2010 - 18:17 WIB

Petugas RPH peringatkan pedagang daging

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Klaten (Espos)–Petugas Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Dinas Pertanian (Dispertan) memberikan peringatan kepada pedagang yang kedapatan menjual daging yang tidak layak konsumsi.

Petugas meminta agar hal itu tidak diulangi lagi. Peringatan akan diberikan selama tiga kali. Jika hingga peringatan ketiga, RPH masih menemukan daging yang tidak layak konsumsi, maka RPH tidak segan-segan menyitanya.

Advertisement

Kepala RPH, Triyanto saat ditemui wartawan, Kamis (19/8), di Pasar Wedi, Klaten, menuturkan pihaknya menemukan sedikitnya lima kg daging yang sudah busuk serta satu ekor bangkai unggas atau Tiren yang dijajakan di sejumlah pasar tradisional setempat.

Dalam kesempatan itu, sedikitnya lima kg daging unggas yang sudah busuk tersebut ditemukan di Pasar Klaten. Sementara daging Tiren ditemukan di Pasar Srago.

Selanjutnya, petugas RPH menyita daging tersebut dari tangan pedagang. Tidak hanya itu, petugas RPH juga menemukan sejumlah daging unggas yang disuntik menggunakan air guna menambah beratnya saat ditimbang.

Advertisement

Triyanto mengatakan jumlah daging unggas yang sengaja disuntik oleh pedagang sudah menurun dari pekan lalu.

“Sebelumnya jumlah unggas yang disuntik mencapai 30-40% dari jumlah semua pedagang di masing-masing pasar. Akan tetapi, saat ini sudah turun menjadi sekitar 15%,” papar Triyanto.

mkd

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif