Dok
Kamis, 19 Agustus 2010 09:35 WIB Ekonomi Share :

Pengamat Ekonomi
Kritikan Megawati ke SBY benar

Jakarta–Pengamat Ekonomi politik Ichsanudin Noorsy menilai kritikan Megawati soal pengumuman gaji kenaikan PNS yang dilakukan Presiden RI SBY berpotensi memicu kenaikan harga kebutuhan adalah benar.

“Efek psikologi pasar memang seperti itu, dengan hukum penawaran permintaan adalah saling berlomba menaikan harga,” ujar Ichsanudin Noorsy, Kamis (19/8)

Kenaikan harga kebutuhan pokok yang hanya dipicu oleh inflasi, kini bisa juga dipicu oleh pengumuman kenaikan gaji PNS, karena melihat efek psikologi pasar yang berdaya beli tinggi.

“Itu sama dengan kenapa inflasi ada harapan inflasi, sama dengan harapan kenaikan harga dengan pengumuman kenaikan gaji. Teori dasarnya teori harapan, kalau daya beli naik, harga akan naik,” jelas dia.

Sebelumnya, SBY mengumumkan kenaikan gaji PNS sebesar 10% mulai tahun 2010. Pengumuman itu mendapat respon dari Megawati yang mengatakan pengumuman dapat berdampak pada kenaikan harga kebutuhan pokok.

inilah/rif

lowongan pekerjaan
induktorindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…