obama
Kamis, 19 Agustus 2010 10:11 WIB Internasional Share :

Obama tak menyesal bela hak muslim untuk membangun mesjid

Washington–Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama mengaku tidak menyesal atas sikapnya membela hak-hak muslim untuk membangun sebuah masjid di dekat lokasi serangan teroris 11 September 2001 di New York, AS.

“Jawabannya adalah tidak ada penyesalan,” kata Obama di stasiun televisi NBC seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (19/8) ketika ditanyai mengenai pembelaannya tersebut.

Sebelumnya Obama telah mengecewakan beberapa sekutu Partai Demokrat-nya dengan masuk ke dalam perdebatan panas mengenai rencana pembangunan masjid di dekat ‘Ground Zero’ tersebut. Obama dengan tegas mengatakan bahwa muslim berhak membangun masjid tersebut atas dasar kebebasan beragama.

Pernyataan Obama itu langsung menuai kecaman dari para politikus Partai Republik. Mereka menentang proyek tersebut karena dianggap tidak menghormati kenangan akan mereka yang tewas dalam serangan di World Trade Center (WTC) tersebut.

Masjid dan pusat komunitas Islam yang akan dibangun tersebut jaraknya hanya dua blok dari runtuhnya WTC. Pemilihan lokasi inilah yang menimbulkan perdebatan sengit di kalangan publik dan politikus AS. Mereka yang menentang rencana tersebut beralasan bahwa sebaiknya masjid tersebut dibangun di tempat yang lain.

Salah satu figur Demokrat yang menentang rencana tersebut adalah pimpinan mayoritas Senat Demokrat  Harry Reid.

Sedangkan ketua DPR Partai Demokrat Nancy Pelosi menyatakan, nasib proyek tersebut merupakan keputusan pemerintah setempat. “Kebebasan beragama merupakan hak konstitusional. Di mana tempat ibadah berlokasi merupakan keputusan lokal,” tegas Pelosi.

Namun Pelosi juga mendukung desakan adanya transparansi menyangkut siapa yang mendanai proyek tersebut. Kabarnya proyek tersebut akan menghabiskan biaya sekitar US$ 100 juta.

dtc/rif

PT. ABRAR TUJUH BERSAUDARA ISLAMI, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Pelajaran dari First Travel

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (18/8/2017). Esai ini karya Riwi Sumantyo, dosen di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah riwi_s@yahoo.com. Solopos.com, SOLO¬†— Ditangkap dan ditahannya Direktur Utama PT First Anugerah Karya Wisata (First…