Kamis, 19 Agustus 2010 23:21 WIB Pendidikan Share :

Kendalikan over produksi guru

Solo (Espos)–Forum Komunikasi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Negeri Seluruh Indonesia mendesak pemerintah mengendalikan dan menata produk guru di Tanah Air.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi adanya over produksi guru. Ketua Forum Komunikasi FKIP Negeri Seluruh Indonesia Prof DR Furqon Hidayatullah MPd ketika dijumpai Espos di Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo, Kamis (19/8) mengatakan selama ini angka kelulusan guru cukup tinggi. Namun hal itu tidak diimbangi dengan jumlah kebutuhan guru yang ada.

Dia menyebutkan saat ini ada 344 LPTK di berbagai perguruan tinggi negeri maupun swasta. Setiap tahunnya meluluskan 200.000-an calon guru. Padahal kebutuhan guru hanya 40.000 orang saja.

Ada kekhawatiran jika terus menerus diizinkan setiap perguruan tinggi membuka FKIP, maka kualitas calon guru yang dihasilan tidak bisa diharapkan. Bahkan bisa jadi akan menurun.

isw

lowongan kerja
lowongan kerja PT. BPR SURYAMAS, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

senin 5 juni

Kolom

GAGASAN
Ramadan di Bumi Pancasila

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (7/6/2017). Esai ini karya M. Zainal Anwar, dosen di Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta. Alamat e-mail penulis adalah zainalanwar@gmail.com Solopos.com, SOLO–Di bawah ideologi Pancasila, menjalani puasa Ramadan di Indonesia menyajikan kemewahan luar…