Kamis, 19 Agustus 2010 22:05 WIB Sukoharjo Share :

Jelang Lebaran transaksi pengiriman wesel meningkat

Sukoharjo (Espos)–Menjelang Lebaran transaksi pengiriman wesel melalui Kantor Pos Cabang Sukoharjo meningkat. Peningkatan pengiriman wesel tersebut diprediksi mencapai 35 persen.

Kepala Kantor Pos Cabang Sukoharjo S Tjatur P mengatakan, sebagian besar kiriman wesel berasal dari Jakarta khususnya kiriman wesel instan yang terjadi sejak awal Ramadan. “Saat ini memang sudah ada peningkatan, terutama dari warga mboro yang ada di Jakarta, tapi jumlah pastinya data belum direkap,” ujarnya kepada Espos, Kamis (19/8) di kantornya.

Dia mengatakan, nilai transaksi pengiriman wesel berkisar di atas Rp 500 ribu. Sementara mengenai wesel luar negeri yang menggunakan jasa western union (WU), sambungnya, nilai transaksi belum mengalami peningkatan. Saat ini, jumlahnya, setiap bulan pengiriman WU mencapai Rp 400 juta.

“Untuk jumlah transaksi WU di Sukoharjo memang nilainya tidak begitu tinggi di banding daerah lain, sebab jumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) yang ada di luar negeri juga sedikit,” ujarnya.

Selain peningkatan pengiriman wesel, lanjutnya, menjelang Lebaran pengiriman paket dari masyarakat maupun pengusaha juga mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Bahkan, nilai transaksi pengiriman paket saat ini mencapai Rp 50 juta per bulan. “Paket yang dikirim biasanya berupa pakaian dan dikirim ke daerah di luar Jawa seperti Wamena, Papua. Jumlahnya jauh lebih besar sebab sebelumnya di bawah Rp 50 juta,” katanya.

ufi

lowongan pekerjaan
Fila Djaya Plasindo, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…