News
Kamis, 19 Agustus 2010 - 11:16 WIB

Gerbong kereta khusus wanita diluncurkan

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta — Kabar gembira bagi para kaum Hawa yang bepergian menggunakan moda kereta rel listrik (KRL).  PT KAI meluncurkan gerbong kereta khusus wanita (KKW) untuk mengurangi komplain kejahatan seksual.

Menteri Perhubungan Fredy Numberi dan Menteri Pemberdayaan Perempuan Linda Gumelar meresmikan KKW di Stasiun Depok, Jawa Barat, Kamis (19/8) pukul 10.00 WIB. Sebagai permulaan, PT KAI menyiapkan tiga rangkaian kereta khusus perempuan.

Advertisement

Dari tiap rangkaian kereta, terdapat dua gerbong khusus perempuan. Gerbong khusus wanita ini terdapat di gerbong pertama dan terakhir (gerbong 8). Namun, fasilitas khusus ini baru dioperasikan bagi Kereta Rangkaian Listrik (KRL) AC Ekonomi dan KRL Express tujuan Jakarta-Depok. Harga tiketnya sama.

Karena kereta ini khusus diperuntukan bagi perempuan dan anak di bawah 10 tahun, desain interior kereta pun dibuat tampil lebih girly. Kursi tempat duduknya berwarna merah muda nan mencolok. Di beberapa dinding kereta juga ditempeli beberapa stiker peringatan dengan bentuk yang lebih menarik.

Sekretaris Perusahaan PT KAI Commuter Jabodetabek, Makmur Syaheran mengatakan, tujuan dioperasikannya kereta khusus ini untuk memberikan perlindungan sekaligus kenyamanan bagi kaum perempuan. Hal ini sangat sesuai bagi kota besar yang rawan akan pelecehan seksual dan kejahatan lain terhadap wanita.

Advertisement

“Tujuannya untuk memberikan layanan yang lebih baik pada pelanggan wanita dan untuk memperkecil kejahatan pelecehan seksual dan lainnya terhadap wanita,” kata Makmur di Depok.

dtc/ tiw

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif