Rabu, 18 Agustus 2010 13:46 WIB Internasional Share :

Rusia dan Rumania saling usir diplomat

Jakarta–Hubungan Rusia dan Rumania tengah dilanda ketegangan. Pemerintah kedua negara saling melakukan pengusiran diplomat masing-masing.

Pemerintah Rumania telah mengusir seorang diplomat Rusia pada Selasa, 17 Agustus waktu setempat. Kementerian Luar Negeri Rumania seperti dilansir AFP, Rabu (18/8) menyatakan, pihaknya telah memberitahu pemerintah Rusia mengenai keputusan untuk mengusir seorang diplomat di kedutaan besar (kedubes) Rusia di Bucharest. Tidak disebutkan identitas diplomat Rusia tersebut.

Sebelumnya, badan keamanan Rusia, FSB pada Senin, 16 Agustus lalu telah menahan seorang diplomat Rumania atas tuduhan spionase. FSB pun memerintahkan diplomat tersebut untuk meninggalkan Rusia dalam waktu 48 jam.

Menurut FSB, diplomat tersebut adalah Gabriel Grecu, yang menjabat sekretaris satu di kedubes Rumania di Moskow. FSB mengklaim, dia ditangkap saat mencoba menerima informasi militer rahasia dan kedapatan memiliki ‘peralatan mata-mata’.

Pemerintah Rumania marah atas penahanan itu. Rumania menuding otoritas Rusia melakukan pelanggaran serius protokol diplomatik dengan menahan diplomatnya.

“Kementerian Luar Negeri mengutuk pelanggaran serius oleh otoritas Rusia atas konvensi Wina mengenai protokoler diplomatik tahun 1961 dengan penahanan pada 16 Agustus tersebut,” demikian statemen Kementerian Luar Negeri Rumania.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
SUNAN TOUR AND TRAVEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Wacana Lama Densus Antikorupsi

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (20/10/2017. Esai ini karya Hafid Zakariya, Ketua Program Studi Ilmu Hukum di Universita Islam Batik (Uniba) Solo. Alamat e-mail penulis adalah hafidzakariya@gmail.com. Solopos.com, SOLO — Rencana pembentukan Detasemen Khusus Antikorupsi yang digulirkan kembali oleh…