News
Rabu, 18 Agustus 2010 - 09:39 WIB

Ledakan bom tewaskan 57 calon tentara Irak

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Baghdad–Akibat bom bunuh diri di pusat rekrutmen tentara di Baghdad, sedikitnya 57 calon dan prajurit Irak tewas dan 123 orang cedera. Ledakan itu memorak-porandakan barisan rekrutan.

Pertumpahan darah tersebut menambah ketegangan yang telah bertambah parah setelah pemilihan umum yang tak tuntas lebih dari lima bulan lalu. Pemilihan umum itu belum menghasilkan pemerintah baru.

Advertisement

Gerilyawan telah mengincar tentara dan polisi Irak saat mereka bersiap memikul tanggung jawab penuh keamanan pada 1 September, ketika Amerika Serikat mengakhiri misi tempur 7,5 tahun.

Jumlah tentara AS akan dikurangi jadi 50.000 personil untuk misi pelatihan sebelum penarikan penuh yang direncanakan dilakukan tahun depan.

“Kami sedang antri. Juga ada perwira dan tentara. Tiba-tiba ada ledakan. Syukur lah cuma tangan saya yang cedera,” kata Saleh Aziz, salah seorang yang akan direkrut, kepada Reuters Television dan dilansir inilah.com, Rabu (18/8).

Advertisement

Sebanyak 57 orang tewas dan 123 orang lagi cedera dalam serangan terhadap satu pangkalan Angkatan Bersenjata di lapangan Maidan, bagian tengah Baghdad, demikian keterangan dari kantor media Kementerian Kesehatan.

Gedung Putih menyatakan Presiden AS Barack Obama mengutuk serangan, tapi jadwal penarikan AS belum berubah.

“Misi tempur kami berakhir pada penghujung bulan, tapi kami masih akan menempatkan tentara di sana yang akan membantu mendukung (pasukan Irak) sebagaimana diperlukan,” kata jurubicara Bill Burton kepada wartawan di Air Force One.

Advertisement

rif

Advertisement
Kata Kunci : 57 Tewas Ledakan Bom
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif