Rabu, 18 Agustus 2010 18:12 WIB Solo Share :

Kraton bakal gelar Maklumat 1 September

Solo (Espos)–Keraton Kasunanan Surakarta bakal menggelar acara Maklumat 1 September sebagai peringatan penyatuan kraton dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Acara akan berlangsung di Pagelaran Kraton, Rabu (1/9).

Pengageng III Pariwisata dan Museum Kraton Kasunanan Surakarta, KRMH Satryo Hadi Nagoro, saat ditemui wartawan di kantornya mengatakan, acara akan berlangsung cukup sederhana dengan menggelar renungan kembali peristiwa penyatuan Kraton dengan NKRI. “Ini untuk mengenang kembali masa saat di mana PB XII menyatakan bersatu dengan RI pada 1 September 1948 silam,” Kata Satryo.

Karena bertepatan dengan Bulan Ramadan, tambah Satryo, acara akan berlangsung sederhana. “Yang terpenting bisa khusyuk, khidmat, tanpa meninggalkan semangat dan rohnya,” katanya. Ia juga menegaskan, acara tersebut sekaligus untuk menampik opini yang berkembang di masyarakat mengenai sikap kraton dengan Belanda. “Kami ingin meluruskan yang salah, bahwa kami tidak pro Belanda. Maklumat ini membuktikan itu,” ujarnya.

Hingga kini, pihaknya belum dapat menjelaskan mengenai jalannya acara tersebut, karena masih dalam pembicaraan intern. Diperkirakan, ada lebih dari 3.000 orang yang akan mengikuti acara ini. Namun, Satryo belum dapat menjelaskan pihak siapa saja yang diundang dan jalannya acara.

m86

Distributor Simas & Bimoli, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Dirawat dan Merawat Cendekiawan Soedjatmoko

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (19/8/2017). Esai ini karya Nur Fatah Abidin, mahasiswa Magister Pendidikan Sejarah Universitas Sebelas Maret. Alamat e-mail penulis adalah ikbenfatah@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Pada Rabu, 15 Agustus 2017, pemerintah menganugerahkan tanda kehormatan Republik Indonesia kepada delapan…