Rabu, 18 Agustus 2010 18:22 WIB Solo Share :

Jelang lebaran, produsen batik perbanyak stok

Laweyan (Espos)–Meski baru pekan pertama Ramadan, produsen batik di Kampoeng Batik Laweyan telah bersiap menghadapi Lebaran. Mereka memroduksi dan menyetok barang lebih dari biasanya.

Salah satu produsen batik, Siti Azizah, saat ditemui wartawan mengungkapkan, dirinya telah meyiapkan stok barang sekitar 10-15% untuk menghadapi Lebaran. “Sebenarnya tidak selalu ramai, tapi tahun lalu memang ada peningkatan,” katanya, Rabu (18/8).

Izah mengungkapkan, sejumlah barang yang diproduksi lebih banyak yaitu souvenir batik seperti gantungan kunci, sandal batik, tas laptop, tas jinjing. Selain itu juga pakaian seperti hem dan kebaya. Ia memperkirakan Lebaran tahun ini ada peningkatan. Mengenai jenis barang yang banyak dipesan menjelang Lebaran, Izah menjelaskan ada sejumlah barang seperti hem batik dan souvenir.

Sementara Lurah Laweyan, Soeyono mengungkapkan tingkat keramaian berbelanja batik di Kampoeng Batik Laweyan yaitu saat H-10 hingga H+10 Hari Raya. Sebagian besar adalah warga Solo yang tengah mudik di kampung halaman Solo. “Ini salah satu momentum terbaik menjual batik, para produsen akan memperbanyak stok barang karena permintaan akan tinggi,” ujarnya.

m86

lowongan pekerjaan
Toko Cat Warna Abadi (WAWAWA), informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Bersenang-Senang

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Senin (13/11/2017). Esai ini karya Sholahuddin, Manajer Penelitian dan Pengembangan Harian Solopos. Alamat e-mail penulis adalah sholahuddin@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Belakangan ini terjadi perubahan secara radikal pada lanskap ekonomi dan bisnis di Indonesia. Sektor bisnis konvensional…