Selasa, 17 Agustus 2010 21:34 WIB Sragen Share :

Upacara HUT RI, puluhan peserta dirawat

Sragen (Espos)–Upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan ke-65 Republik Indonesia (RI) di Stadion Taruna, Sragen, Selasa (17/8), berlangsung khidmat. Sayangnya, lantaran panasnya suasana sekitar 80-an orang peserta hampir pingsan dan harus menjalani perawatan tim medis.

Jumlah itu berbeda lebih dari tiga kali lipat dari jumlah peserta upacara yang membutuhkan perawatan medis pada tahun lalu, yang hanya 25 orang. Sementara, salah satu siswa SMK Widyawisata, Putriningsing bahkan harus dirawat cukup lama. Putri harus mendapat asupan oksigen selama beberapa waktu setelah pingsan.

Koordinator Tim Medis Upacara HUT Kemerdekaan RI, Handoyo Bambang mengatakan jumlah peserta yang pingsan atau nyaris pingsan sehingga perlu mendapat perawatan pada kegiatan kali ini diperkirakan mencapai 80-an orang. “Banyak sekali yang pingsan. Kira-kira ada 80-an. Padahal biasanya hanya 25 orang. Saya rasa ini manusiawi, karena upacara bertepatan dengan Bulan Puasa,” jelas Bambang, sapaan akrabnya, saat ditemui Espos, di sela-sela upacara HUT RI di Sragen, Selasa.

Terkait lonjakan jumlah peserta yang membutuhkan perawatan medis, Bambang mengaku pihaknya telah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan. Di antaranya menyangkut ketersediaan delapan unit mobil ambulans di dalam areal pelaksanaan upacara, dan dua unit lain di luar lokasi. Menurut Bambang jumlah ambulans berikut petugas medis sengaja ditambah untuk mengantisipasi kemungkinan tingginya jumlah peserta upacara yang membutuhkan perawatan.

Sementara itu, upacara yang dipimpin Inspektur upacara, Bupati Sragen, Untung Wiyono diikuti sekitar 2.000 orang peserta, dari tingkat siswa SMP, SMA, pegawai negeri sipil (PNS), TNI/Polri, dan kalangan masyarakat lain. Upacara berlangsung lancar dan khidmat.

tsa

Lowongan Pekerjaan
Sales Lapangan FORTUNA STEEL, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
”Despacito” dan Nasib Lagu Sejenis

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Kamis (3/8/2017). Esai ini karya Damar Sri Prakoso, Program Director Radio Solopos FM. Alamat e-mail penulis adalah damar.prakoso@solopos.co.id. Solopos.com, SOLO–Komisi Penyiaran Indonesia Daerah (KPID) Jawa Tengah melarang pemutaran lagu Despacito di lembaga penyiaran publik…