Selasa, 17 Agustus 2010 12:31 WIB News Share :

53 Ribu Napi dapat remisi, 2.000 Napi bebas

Jakarta– Peringatan hari Kemerdekaan RI menjadi berkah juga untuk puluhan ribu narapidana (Napi) di seantero Indonesia. Mereka mendapatkan remisi dan sebagian langsung bebas dari tahanan.

“Pagi ini akan diberikan remisi kurang lebih kepada 53.000 orang. Di antaranya yang bebas langsung 2.000 orang,” kata Menkum HAM Patrialis Akbar di sela peringatan HUT ke-65 RI di Istana Negara, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta, Selasa (17/8).

Menurut Patrialis, Napi yang bebas ini karena sudah habis masa tahanannya. Aturannya, setiap Napi yang memenuhi syarat bisa mendapatkan hak remisi. “Termasuk napi teroris, korupsi, narkoba, illegal logging dll,” kata dia.

Patrialis mengatakan, setiap Napi yang sudah melewati sepertiga total masa hukuman diberi remisi satu bulan. Bila sudah 2 tahun, mendapat remisi dua bulan, sampai 5 tahun remisinya lima bulan. “Kalau hukuman mati dan seumur hidup, tentu nggak dapat,” tutupnya.

dtc/ tiw

lowongan pekerjaan
garment, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Sapa Salah Seleh

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (17/11/2017). Esai ini karya Tito Setyo Budi, esais, sastrawan, dan budayawan yang tinggal di Sragen. Alamat e-mail penulis adalah titoesbudi@yahoo.com Solopos.com, SOLO–Ada pepatah tua dalam khazanah budaya Jawa, yaitu sapa salah seleh. Artinya,…