News
Senin, 16 Agustus 2010 - 10:16 WIB

Menteri Besar India dilempar sepatu oleh polisi

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

India–Menteri besar Kasmir India, Omar Abdullah dilempar sepatu oleh seorang polisi. Insiden itu terjadi pada peringatan hari kemerdekaan India, Minggu (15/8), yang ditandai dengan aksi protes di jalan-jalan terhadap kekuasaan India.

Di sebuah stadion utama olahraga di ibu kota musim panas Kashmir, Srinagar, Abdullah baru saja membentang bendera nasional India ketika sepatu itu dilemparkan. Sepatu itu tidak mengenainya dan polisi yang berteriak “kami ingin merdeka!” itu segera ditangkap para pengawal, seperti dikutip dari AFP, Senin (16/8).

Advertisement

“Melemparkan sepatu adalah lebih baik dari pada melemparkan batu,” kata Abdullah berkomentar setelah insiden itu. Menteri besar itu memimpin Konferensi Internasional, salah satu partai pro India di Kashmir.

Para pemrotes yang melemparkan batu hampir setiap hari terjadi selama jam malam dua bulan terakhir ini dan bentrokan dengan polisi di Srinagar dan kota-kota lain di lembah itu. Kerusuhan itu menewaskan 57 orang, sebagian besar adalah pemuda berusia belasan tahun akibat ditembak polisi.

Pada hari Jumat dan Sabtu lalu, pasukan keamanan menembak mati enam pemrotes dan orang yang berada dekat lokasi itu dalam bentrokan dengan para pengunjuk rasa. Seorang pria muda tewas di kota Anantnag, di mana ribuan warga -pria dan wanita- menyelenggarakan unjuk rasa anti India sepanjang malam.

Advertisement

Protes anti India yang marak belum lama ini dimulai ketika seorang mahasiswa berusia belasan tahun tewas akibat kena serangan gas air mata polisi 11 Juni di Srinagar. Dalam pidato memperingati hari kemerdekaan India yang diucapkannya di stadion yang hanya terisi separuh itu, Abdullah menyatakan duka citanya atas korban tewas yang banyak itu.

inilah/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif