Senin, 16 Agustus 2010 09:10 WIB News Share :

KPK siap tuntut Anggodo Widjojo

Jakarta–Terdakwa upaya penyuapan kepada Pimpinan KPK dan menghalang-halangi penyidikan, Anggodo Widjojo akan kembali menjalani sidang dengan agenda mendengarkan tuntutan hukuman dari Penuntut Umum KPK.

“Ya kita sudah siap dengan tuntutan. Sesuai jadwalnya nanti akan kita dibacakan,” ujar Penuntut Umum KPK perkara Anggodo Widjojo, Suwardji, Senin (16/8) pagi.

Berapa lama hukuman badan menurut Penuntut Umum yang pantas dijatuhkan kepada Anggodo, Suwardji enggan membocorkan. “Wah kok jadi mengarahnya kesana,” kilahnya.

Disinggung soal bukti CDR komunikasi antara Ary-Ade, Suwardji mengaku hal tersebut menjadi kewenangan Majelis

Hakim bila memang sudah ada dan memutuskan untuk memperlihatkan terlebih dahulu di persidangan sebelum tuntutan dibacakan. Dia menegaskan karena CDR itu tidak akan mempengaruhi tuntutan yang dajukan.

“Ya itu bisa saja, mungkin diperlihatkan dulu baru kemudian tuntutan dibacakan. Namun itu sama sekali tidak ada hubungan dengan perkara Anggodo Widjojo dan tidak akan mempengaruhi tuntutan,” bebernya.

Karena, katanya, CDR tersebut, jika memang ada, bukan menjelaskan perkara yang didakwaan Anggodo Widjojo. Melainkan hanya hubungan yang terjadi antara Ary Muladi dengan Ade Rahardja.

“Karenanya kita tidak pernah menjadikan itu sebagai barang bukti. Dan dalam perkara Anggodo ini yang kita cari kan permufakatan (jahat) antara Anggodo dengan Ary Muladi (pihak yang disebut pelaku bersama-sama),” tandasnya.

Anggodo Widjojo dalam dakwaannya disangkakan bersama-sama dengan Ary Muladi dan pihak lainnya yang juga disebut dalam dakwaan, melakukan perbuatan secara melawan hukum yaitu berusaha menghalang-halangi penyidikan KPK terkait perkara korupsi pengadaan SKRT di Dephut dengan tersangka kakak kandungnya, Anggoro Widjojo.

Anggodo juga didakwa bersama-sama dengan Anggoro Widjojo melakukan percobaan penyuapan kepada Pimpinan KPK dengan maksud agar perkara Anggoro dihentikan proses hukumnya di KPK.

inilah/rif

Leave a Reply

Kolom

GAGASAN
Potensi Lokal untuk Kemandirian Desa

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Jumat (11/8/2017). Esai ini karya Hadis Turmudi, mahasiswa Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta dan sedang menulis tesis tentang desa dan otonomi asli. Alamat e-mail penulis adalah adis.mandiri@yahoo.com. Solopos.com, SOLO–Desa-desa di Nusantara yang berjumlah kurang…