News
Senin, 16 Agustus 2010 - 17:03 WIB

ICW: Googling itu cuma tahap pertama

Redaksi Solopos.com  /  Nadhiroh  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta–ICW membantah tudingan calon pimpinan KPK, Jimly Asshiddiqie, yang menyebut temuan ICW tentang 28 masalah pada 7 kandidat pimpinan KPK hanya berasal dari meng-googling. ICW melakukan tiga metode dalam menginvestigasi rekam jejak para calon pimpinan KPK.

“Yang disebutkan Pak Jimly baru tahap pertama, padahal masih ada dua tahap lagi. Sehingga itu tidak benar,” ujar peneliti ICW Emerson Junto usai menyerahkan hasil investigasi rekam jejak calon pimpinan KPK ke Kemenhum dan HAM, Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (16/8).

Advertisement

Menurut Emerson, ICW dan Masyarakat Pemantau Peradilan Indonesia (MAPI) sebelumnya telah melakukan investigasi ke lapangan, kroscek laporan harta kekayaan, termasuk laporan pajak para kandidat pimpinan KPK.

“Setelah itu kita melakukan wawancara dengan pihak terkait. Ketiga, kita melakukan analisis dan melakukan pencarian data terkait. Jadi yang dibilang Pak Jimly tidak benar,” terangnya.

Pada Minggu (15/8), ICW mengumumkan pihaknya menemukan 28 masalah pada 7 pimpinan KPK. Ada 3 indikator dalam rekam kelayakan calon. Pertama leadership, kedua integritas dan ketiga komitmen dari para calon terhadap pemberantasan korupsi.

Advertisement

Emerson menyatakan, terkait dengan calon pemimpin KPK, ICW dan MAPI telah sepakat untuk tidak memilih calon yang berlatar belakang Polri dan jaksa.

“Dari calon yang ada sudah kita setorkan datanya ke Pansel. Yang pasti polisi dan jaksa kita tolak, kita melihat pada integritas,” imbuhnya.

dtc/nad

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif