News
Minggu, 15 Agustus 2010 - 12:04 WIB

Jenderal Bambang Hendarso diminta munculkan diri ke publik

Redaksi Solopos.com  /  Tutut Indrawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Jakarta — Keberadaan Kapolri Jendral Bambang Hendarso Danuri (BHD) masih simpang siur menyusul pembatalan mendadak serah terima jabatan (sertijab) lima perwira tinggi Jumat lalu. BHD kini didesak muncul ke publik dan menjelaskan perihal ‘menghilang’-nya yang bersangkutan.

“Kami mendesak Kapolri segera muncul. Keluar dari persembunyiannya. Apakah dia sakit atau tugas luar, harus dijelaskan ke publik lewat jumpa pers,” kata Ketua Presidum Indonesia Police Watch (IPW), Neta S Pane, Minggu (15/8).

Advertisement

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi III, Syarifudin Suding. Selain meminta BHD muncul ke publik, politikus Hanura itu juga meminta BHD menjelaskan kepada publik mengapa sertijab batal dilakukan.

Suding mengatakan, jika alasan BHD menunda sertijab karena sakit, kenapa tidak langsung diumumkan saat itu juga. Ia juga meragukan alasan yang menyebut pembatalan sertijab karena BHD sedang menjalani tugas di luar.

“Saya kira agenda-agenda penting seperti itu harusnya terkoordinasi dengan baik. Tidak ada kegiatan yang begitu penting (sertijab) bertabrakan dengan dinas ke luar,” kata Suding.

Advertisement

Simpang siur kondisi dan keberadaan Kapolri dimulai ketika serah terima sejumlah jabatan yang digelar di Mabes Polri ditunda. Alasannya, Kapolri dan Wakapolri sedang ada kegiatan di luar Mabes Polri.

Kabar menyebutkan, Kapolri dipanggil Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Namun Juru Bicara SBY, Julian A Pasha, membantahnya. Padahal Wakadiv Humas Mabes Polri Kombes I Ketut Untung Yoga Ana tetap bersikukuh, Kapolri dipanggil SBY.

Terakhir, penasihat Kapolri Kastorius Sinaga mengungkapkan bahwa Kapolri sakit. Namun, hal ini pun ditepis oleh Kadiv Humas, Irjen (Pol) Edward Aritonang. Edrward mengatakan Kapolri hari ini ada di rumahnya, namun tidak sakit. Ketidakhadiran Kapolri dalam Sertijab kemarin, katanya, karena ada tugas internal.

Advertisement

dtc/ tiw

Advertisement
Kata Kunci : Bambang Hendarso
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif