Minggu, 15 Agustus 2010 21:46 WIB News Share :

Fadel
Pertukaran 3 petugas DKP dengan nelayan Malaysia belum pasti

Jakarta –– Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Fadel Muhammad masih menunggu hasil diplomasi antara pemerintah RI dengan Malaysia. Tawaran Pemerintah Malaysia untuk melakukan ‘tukar guling’ petugas dengan nelayan masih terus dibahas.

“Masih menunggu proses diplomasi. Besok pagi saya akan ketemu Dubes Malaysia untuk membicarakan rencana pengembalian petugas kita,” kata Fadel di Hotel JW Marriot, Kuningan, Jakarta, Minggu, (15/8) malam.

Meski demikin, dia memastikan tiga petugas RI akan kembali dengan selamat maksimal 7 hari. Adapun terhadap nelayan Malaysia, akan diberlakukan aturan internasional yaitu deportasi ke negara asal dan kapal nelayan disita RI.

“Malaysia mau gampangnya saja, tukar guling. Kami bilang, tidak demikian. Selesaikan sesuai UU yang ada. Penyelesian baik-baik,” tegasnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jumat (13/8) pukul 21.00 WIB telah terjadi peristiwa menegangkan di perairan perbatasan Indonesia-Malaysia. Tembakan terdengar. Buntutnya, otoritas Indonesia membawa 7 nelayan Malaysia dan otoritas Malaysia mengamankan 3 petugas Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP).

“Kami minta ke Kemlu RI untuk memberikan teguran ke Pemerintah Malaysia yang berisi, satu mereka salah memasuki teritori, kedua orang kita diselematkan dan ketiga ini tak terjadi lagi,” tutup Fadel.

dtc/tya

lowongan pekerjaan
Bengkel Bubut, informasi selengkapnya KLIK DISINI
Loading...

Kolom

GAGASAN
Karanganyar Makin Beradab

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Sabtu (18/11/2017). Esai ini karya Imam Subkhan, Ketua RT 001/RW 019, Jaten, Karanganyar. Alamat e-mail penulis adalah imamsubkhan77@gmail.com.   Solopos.com, SOLO–Sepulang sekolah, anak mbarep saya, Nadhifa, yang sekarang duduk di kelas IV sekolah dasar di…