Sabtu, 14 Agustus 2010 09:56 WIB Internasional Share :

Tentara australia tewas ditembak di Afghanistan

Sydney–Seorang prajurit komando Australia tewas ditembak gerilyawan di Afghanistan utara, menjadikan jumlah tentara negara itu yang tewas dalam sepekan mencapai 18, menurut beberapa perwira.

Prajurit pasukan khusus, Jason Brown, 29 tahun, ditembak dalam “operasi gangguan” gerilyawan yang beraktivitas di Kandahar utara, kata Letjen David Hurley, wakil kepala pasukan pertahanan.

Brown, yang telah bertugas di militer selama 10 tahun, ditembak roboh dalam suatu baku-tembak. Meskipun dia segera dievakuasi untuk perawatan, namun luka tembakan gencar kemudian menewaskannya.

“Tugas ini memang sulit, berongkos, namun sangat diperlukan jika kami mencapai tujuan-tujuan kami di Afghanistan,” kata Menteri Pertahanan John Faulkner, Sabtu (14/8).

Tahun ini merupakan rekor korban tewas bagi tentara Australia, dengan enam tewas sedikitnya selama empat pekan antara Juni-Juli, termasuk tiga prajurit komando yang meninggal dalam kecelakaan helikopter.

Australia memiliki sekitar 1.550 tentara di provinsi selatan Uruzgan yang bergolak, setelah tahun lalu mengirim 450 prajurit tambahan, namun Washington menyerukan agar ditambah lagi.

ant/rif

lowongan pekerjaan
PT. BPR Mitra Banaran Mandiri, informasi selengkapnya KLIK DISINI

Kolom

GAGASAN
Pilkada, Demokrasi, dan Hantu Politik

Gagasan ini dimuat Harian Solopos edisi Rabu (17/01/2018) dengan judul Demokrasi Kita dan Hantu Politik. Esai ini karya Muhammad Fahmi, dosen di IAIN Surakarta dan Doktor Kajian Budaya dan Media. Alamat e-mail penulis adalah fahmielhalimy@gmail.com. Solopos.com, SOLO–Tahun 2018 sering dijuluki…