News
Sabtu, 14 Agustus 2010 - 15:11 WIB

Siswi SMPN Tulunggagung juara kontes matematika internasional

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Tulungagung–Harum Lokawati, 13, siswi SMP Negeri I Tulungagung, Jawa Timur, berhasil menjuarai kontes matematika internasional (international mathematic contest/IMC) di Singapura (7-10/8) dan menyumbang satu medali perak untuk Indonesia.

Prestasi membanggakan itu secara terbuka dipublikasikan Kepala SMPN I Tulungagung Bambang AS, Sabtu (14/8) , dengan mengundang sejumlah wartawan dan memperkenalkan siswi asal Dusun Nganggrek, Desa Kalidawir, Kecamatan Kalidawir tersebut.

Advertisement

Harum Lokawati sebenarnya bukanlah satu-satunya wakil pelajar dari Indonesia yang mengikuti kontes. Masih ada sebanyak 113 pelajar lain mulai dari jenjang kelas III SD hingga kelas XII SMA yang ikut berangkat ke Singapura dan mengikuti kejuaraan bergensi untuk kategori mata pelajaran matematika.

Namun dari sekian pelajar yang telah mendapat pelatihan matematika secara intensif tersebut, hanya tujuh siswa yang akhirnya berhasil menyabet medali, yakni lima medali emas dan dua perak.

“Satu di antara medali yang berhasil dibawa pulang tim pelajar ‘merah-putih’ itu adalah yang kini pegang Harum Lokawati. Dia masuk kategori terbaik ketiga sehingga mendapat medali perak,” kata Bambang AS dengan nada bangga.

Advertisement

Kontes matematika internasional (IMC) tersebut, pesertanya 999 siswa dari 10 negara Asia (Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, Thailand, China, China Taipei, Hongkong, India, serta Korea Selatan).

ant/rif

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif